Mengenal Anggur Laut Yang Memiliki Khasiat Kandungan Yang Cukup Tinggi Bagi Kesehatan

anggur laut adalah salah satu genus alga laut dari famili Caulerpaceae yang termasuk jenis spesies dari kelas Chlorophyceae (alga hijau), rumput laut

Hallo sobat ilmuan, jangan bosan-bosan untuk membaca informasi pengetahuan yah sebab bisa menambah wawasan kita. Informasi kali ini adalah tentang anggur laut, nah ternyata di laut juga terdapat anggur yang memiliki khasiat kandungan yang cukup tinggi loh sobat ilmuan.

Apa itu anggur laut? yaitu merupakan salah satu genus alga laut dari famili Caulerpaceae yang termasuk jenis spesies dari kelas Chlorophyceae (alga hijau). Tumbuhan ini merupakan salah satu bagian dari jenis rumput laut.

Anggur laut pertama kali ditemukan pada 1926 di sepanjang pantai Tunisia perairan Mediterania. Kamu tahu kenapa disebut anggur laut, yah benar sekali karena tumbuh secara bergerombal dan juga memiliki bentuk bulat yang menyerupai buah anggur.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Sunaryo dkk pada 2015, menunjukkan bahwasannya rumput laut termasuk ke dalam jenis tanaman yang sederhana karena pada tanaman ini tidak dapat dibedakan antara batang, akar dan daun sejati. Seluruh bagian dari rumput laut Caulerpa sp, yaitu terdiri dari atas assimilator dan ramuli yang membentuk seperti bulatan-bulatan buah anggur.

Terdapat tiga jenis anggur laut yang dibudidayakan di Indonesia diantaranya, Caulerpa lentillifera, C.racemosa dan C. sertularioides. Tidak hanya Indonesia yang minati anggur laut ini, beberapa Negara tetangga juga menarik perhatian dan minati seperti China, Korea, Malaysia, Jepang, Filipina dan Thailand, bahkan Negara Eropa-pun ikuti mengkonsumsi tanaman ini yaitu Caulerpa sp. Di Negara Amerika dan eropa sendiri tanaman ini lebih dikenal sebagai green caviar atau kaviar hijau.

Di Indonesia sendiri terdapat juga anggur laut dengan sebutan yang berbeda-beda seperti halnya latah (Jawa), bulung boni (Bali) dan lawi-lawi (Sulawesi) sedangkan di Jepang anggur laut ini disebut dengan umi budo.

Anggur laut sendiri memiliki khasiat kandungan yang cukup tinggi sebagai sumber protein, nabati, mineral maupun juga sebagai vitamin sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan. Selain itu, hasil dari penelitian juga menunjukkan bahwa pada Caulerpa sp. Mempunyai protein, karbohidrat, serat, asam lemak, mikromineral (Fe, K, Ca) dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Di beberapa daerah anggur laut ini dimanfaatkan atau sering dijadikan sebagai olahan hidangan makanan seperti halnya untuk es buah, salad, sambal anggur laut, urap latah, acar santan dan masih banyak lagi.

Itulah informasi kali ini yang bisa disampaikan, semoga menambah wawasan pengetahuan kalian yah! Jangan lupa share blog ini kepada teman-teman kamu terimakasih.