KKN Rekognisi UPI 2022: Magang Bersertifikat di Hashmicro perusahaan solusi ERP Terbaik di Indonesia

Kegiatan KKN UPI 2022 dengan melalui program pemerintah yaitu MBKM atau Kampus Merdeka

Melalui program Kementerian Pendidika, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia memperkenalkan kebijakan baru untuk menunjang kegiatan pembelajaran pada tingkat universitas, yakni Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Pada kali ini penulis mengikuti Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang merupakan salah satu program MBKM. Program ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi yang pesat. Hashmicro, sebagai salah satu penyedia solusi ERP di Indonesia, dalam hal ini mendukung tujuan Merdeka Belajar dan bergabung sebagai Mitra Kampus Merdeka. Hashmicro bertekad untuk mengembangkan ketertarikan generasi muda pada bidang teknologi dan informasi sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan ketersediaan jumlah talenta digital Indonesia.


PT Hashmicro Solusi Indonesia (HashMicro) merupakan perusahaan penyedia software Enterprise Resource Planning (ERP) yang didirikan di Singapura tahun 2015 dan kini sedang melebarkan sayapnya ke Indonesia. Program pelaksanaan MSIB di perusahan ini yaitu program magang, terdapat 14 posisi di enam (6) divisi salah satunya Software Programmer yang merupakan posisi dari penulis dalam pelaksanaan kegiatan.

ERP adalah software yang digunakan untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas didalam sebuah bisnis. Teknologi ERP (Enterprise Resource Planning) adalah serangkaian aplikasi bisnis atau modul yang menghubungkan berbagai unit bisnis dalam sebuah organisasi perusahaan seperti keuangan, akutansi, produksi, dan sumberdaya manusia menjadi sebuah sistem tunggal yang terintegrasi secara kuat dengan platform umum untuk arus informasi diseluruh perusahaan (Yudowicitro & Yunitarini, 2014). Salah satu framework yang digunakan untuk membangun ERP adalah Odoo.

Odoo merupakan salah satu dari banyak framework yang dikhususkan sebagai alat untuk membuat software atau aplikasi ERP. Dengan framework Odoo (versi 14) kita dapat membuat aplikasiaplikasi dengan fitur khas ERP, seperti CRM (Customer Relationship Management), e-cormmerce, accounting, HRM (Human Resource Management), sales, POS (Point Of Sale), inventory, bahkan kita juga bisa menciptakan modul baru sesuai dengan kebutuhan kita.

peserta magang akan di berikan studi kasus berupa terjun langsung dalam pekerjaan suatu projek. Peserta magang dibagi menjadi dua Tim yaitu tim projek dan produk. Pada tim projek memiliki jobdesk yaitu mengerjakan berbagai task projek dari suatu perusahaan (client) yang telah bekerjasama dengan mitra. Sedangkan, untuk tim produk merupakan tim yang memiliki jobdesk untuk melakukan riset dan pengembangan produk yang dimiliki mitra untuk dilakukan penawaran ke perusaaan yang akan bekerjasama. Pada kesempatan kali ini, penulis masuk kedalam tim produk. Produk yang dikembangkan adalah produk pada modul Human Resource Management (HRM) yang kelak kedepannya akan ditawarkan ke customer atau client.

Pelaksanaan magang berlangsung selama 5 (lima) bulan terhitung mulai 01 Februari 2022 sampai 30 Juni 2022. Pelaksanaan magang dibagi menjadi dua sesi yaitu pelatihan atau training dan praktik kerja. Selama menjalani kegiatan kerja magang, penulis diwajibkan untuk mengikuti seluruh prosedur atau peraturan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Waktu jam kerja di PT. HashMicro Solusi Indonesia berlangsung setiap hari Senin hingga Jum’at mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB yaitu dengan minimal 8 (delapan) jam kerja dalam per hari atau 40 jam dalam seminggu.

Setiap hari-nya pada hari kerja, penulis sabagai software programmer atau ERP developer mendapatkan tasklist dari tim untuk mengembangkan fitur-fitur pada modul Human Resource Management (HRM). Pada tim produk selain terdapat ERP developer, terdapat pula seorang system analyst yang bertugas untuk menganalisa serta memikirkan fitur apa saja yang akan diimplementasikan, dikembangkan serta dimasukkan ke dalam modul Human Resource Management (HRM) agar lebih baik dan mudah digunakan sesuai kebutuhan. Dalam melakukan pengembangan modul Human Resource Management (HRM) menggunakan metode agile.


Pengembangan modul HRM menggunakan framework yaitu Odoo dengan versi 14 serta yang sudah dilakukan costumisasi oleh tim ERP Software programmer dari Hashmicro. Beberapa hasil pengembangan atau penambahan fitur-fitur yang terdapat di modul HRM sudah dilakukan dengan baik serta mengutamakan sebuah kemudahan atau user friendly dalam pemakaian kedepannya. Pada pengembangan kali ini dilakukan pada menu recruitment test dengan membuat beberapa template technical test atau survey dan penambahan fitur seperti button. Pembuatan fitur menggunakan Bahasa pemrograman yaitu seperti Python, Javascript dan xml.

#kknupi #kampusmerdeka #mbkm #kknrekognisi