Mahasiswa Pendidikan Kelautan dan Perikanan Mengikuti Studi Independen di PT Maribelajar Berbasis Microsoft Indonesia

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kelautan dan Perikanan UPI Kampus Serang mengikuti program Studi Independen sebagai pengganti KKN

Mata Kuliah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terdapat Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun 2022 dilaksanakan dengan dua cara yakni reguler dan rekognisi. KKN reguler merupakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa umum. Selanjutnya, KKN rekognisi disebut KKN yang dilakukan dengan cara mengkonversi kegiatan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM yang bisa dikonversi yaitu penelitian, pengabdian, studi independen, magang, dan lain sebagainya.

Perkenalkan nama saya Imam Zuhdi biasa dipanggil Imam, melakukan aktivitas KKN rekognisi dari program MBKM Studi Independen yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) bekerjasama dengan mitra PT. MariBelajar Indonesia Cerdas dan PT. Microsoft Indonesia. Program tersebut dilakukan selama 900 jam dari tanggal 7 Februari 2022 sampai dengan 24 Juni 2022.

Jalur Studi Independen yang saya diambil yaitu Modern Educator Track. Jalur tersebut mempelajari materi terkait solusi teknis terhadap suatu permasalahan pendidikan dengan menggunakan Microsoft 365, terdapat beberapa modul yang terdiri dari 21st Century Learning Design, Education Transformation Framework, Office 365 Teacher Academy, OneNote Teacher Academy, Microsoft Office Specialist: Word, Microsoft Office Specialist: Excel, Inclusive Classrooms Academy, Student-centered Learning, Windows 10 for education, Master Microsoft Teams for any learning environment, MIE trainer Academy, Microsoft Office Specialist: PowerPoint, dan diakhir kegiatan yaitu melaksanakan Capstone atau ujian praktik terkait materi yang telah disampaikan. Luaran dari kegiatan ini, saya Imam Zuhdi mengikuti sertifikasi internasional dan pembuatan Capstone Project pembelajaran menggunakan platform Microsoft.

Capstone Project yang dibuat oleh Imam Zuhdi pada tugas akhir kegiatan studi independen yaitu Pembuatan Miniatur Tempat Bersejarah Berbasis Digital untuk Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air. Latar belakang dari pembuatan Capstone Project tersebut, yaitu Guru sejarah mengalami tantangan besar dalam proses pembelajaran secara daring yang saat ini menjadi trend baru dalam dunia pendidikan Indonesia. Sejarah merupakan mata pelajaran yang menekankan aspek pendidikan nilai, bukan hanya menyampaikan informasi belaka (Suryadi, 2012). Hal ini menjadikan guru sejarah, secara mandiri harus mampu berinovasi, membuat skema pembelajaran yang mudah diterima oleh siswa di dalam sistem daring.

Masalah ini mendorong lahirnya investigasi lebih lanjut tentang proses pendidikan sejarah dalam sistem daring. Ternyata, dalam pengamatan awal, antara kompetensi dan keterampilan yang dimiliki guru sejarah secara umum dan proses adaptasi teknologi daring yang digunakan tidak berjalan beriringan, dapat dikatakan laju perkembangan dan pemanfaatan teknologi masih terlalu cepat. Sistem yang digunakan dalam pembelajaran daring yaitu Microsoft Teams, WhatsApp Group, FlipGrid, YouTube, Minecraft, PPT, Paint, 3d Paint, dan aplikasi Microsoft yang mendukung lainnya. Aplikasi tersebut dapat dimiliki ada yang gratis melalui akun Gmail dan Adapun yang berbayar (mendapatkan Tools yang terbaru) melalui berbagai penyedia layanan di internet. Dalam euphoria sekarang, guru terus menerus disuguhkan berbagai macam fitur baru, sehingga proses adaptasi akan semakin panjang, bahkan berkelanjutan untuk dapat menguasai secara optimal teknologi yang digunakan secara daring.

Semoga dengan adanya program ini, guru sejarah bisa menghadapi kesulitan dan melaksanakan pembelajaran dengan sistem daring dengan baik. Aspek yang dianalisa mencakup; pengorganisasian kelas, pemanfaatan sumber, media, metode, dan pendekatan dalam pembelajaran. Penelitian ini penting dipublikasikan untuk memberikan kontribusi informasi sebagai bahan dalam merumuskan kebijakan lanjutan dalam upaya penguatan pembelajaran daring, khususnya pada mata pelajaran sejarah.


#kknupi #kknrekognisi