Mahasiswa UPI Mengikuti KKN Rekognisi Dengan Mengikuti Program Studi Independen

Kegiatan KKN Rekognisi Mahasiswa UPI Melalui program MBKM

Program Kuliah kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada tahun 2022 dilaksanakan dengan cara reguler dan rekognisi. KKN reguler yaitu Kegiatan KKN yang biasa dilakukan oleh mahasiswa pada umumnya dan rekognisi yaitu KKN yang dilakukan dengan mengkonversi kegiatan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM yang bisa dikonversi yaitu penelitian, pengabdian, studi independen, magang, dan lainnya.

Muhamad Renaldi Apriansyah yang sering dipanggil Renaldi melakukan KKN rekognisi dari program MBKM Studi Independen yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) dengan mitra PT MariBelajar Indonesia Cerdas dan PT Microsoft Indonesia. Program tersebut dilakukan selama 900 jam dari tanggal 7 Februari 2022 sampai dengan 24 Juni 2022.

Jalur studi independen yang diambil yaitu Information Worker. Jalur tersebut mempelajari materi terkait pengolahan, visualisasi, deskripsi data, dan administrasi kelembagaan dengan menggunakan platform Microsoft. Materi yang dipelajari yaitu Microsoft Office Specialist, Microsoft Dynamic 365 Fundamental (ERP), Microsoft Dynamic 365 Fundamental (CRM), Microsoft Power Platform Fundamental, Microsoft 365 Fundamental, dan diakhir kegiatan yaitu melaksanakan Capstone atau ujian praktik terkait materi yang telah disampaikan. Luaran dari kegiatan ini yaitu Renaldi mengikuti sertifikasi internasional dan pembuatan aplikasi menggunakan platform Microsoft.

Aplikasi yang dibuat oleh Renaldi pada tugas akhir kegiatan studi independen yaitu aplikasi edukasi sampah laut (EDUSAMLA). Latar belakang dari pembuatan EDUSAMLA yaitu edukasi terhadap masyarakat dalam perkembangan digital yang semakin cepat bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi berbasis mobile sehingga masyarakat bisa mengaksesnya secara mandiri. Aplikasi Edukasi terhadap sampah laut bisa dilakukan saat ini dengan memberikan konten yang dibuat dalam bentuk aplikasi end-user yang mudah digunakan oleh semua kalangan usia. EDUSAMLA menggunakan tampilan yang sederhana dan mudah diakses dengan tamplan awal cukup klik mulai dan selanjutnya diarahkan ke bagian menu untuk mengakses konten yang sudah disiapkan.

Tampilan Aplikasi EDUSAMLA

“Semoga dengan aplikasi EDUSAMLA bisa bermanfaat bagi manusia dan lingkungan sehingga manusia bisa mengelola sampah dengan bijak” harapan Renaldi terhadap aplikasi yang dibuat. Tugas akhir dari studi independen yang dilakuan oleh Renaldi merupakan sebuah karya dengan tujuan untuk pengabdian kepada masyarakat dibidang lingkungan dan edukasi. Renaldi ucapkan terima kasih terhadap mentor dan dosen yang selalu membimbing dan memberi arahan agar lebih baik lagi.


#kknupi #kknrekognisi #kampusmerdeka